Senin, 07 Januari 2019

Cara Bedakan Batik Biasa dengan Batik Print Kain

Batik bisa dibilang semakin menjadi favorit banyak orang untuk tampil kekinian dan juga percaya diri. Apalagi dengan hadirnya batik print kain yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan maupun selera Anda. Namun ternyata masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara batik biasa dengan batik print. Berikut beberapa perbedaannya.

Cara Bedakan Batik Biasa dengan Batik Print Kain

1. Motif yang Dimiliki
Hal pertama yang bisa menjadi pembeda antara kedua jenis batik ini adalah motif yang dimiliki. Diawali dengan batik biasa yang bisa dibilang memiliki motif yang kadang tidak simetris dan juga terkadang ukuran pada motifnya juga tidak akan sama persis. Hal ini bisa terjadi tidak lepas karena batik biasa cara pembuatannya masih manual yang tinggi risiko akan kesalahan.

Lain cerita dengan batik print yang bisa dibilang telah menggunakan mesin yang sudah canggih. Hal inilah yang kemudian membuat hasil motif yang dimiliki bakal sangat rapi dan juga simetris. Bahkan bisa dibilang batik print mampu menghasilkan kualitas yang mendekati sempurna. Sesuatu yang pastinya akan dipilih oleh banyak jasa print kain di luar sana.

2. Aroma yang Dimiliki
Bagi mereka yang sudah berkecimpung dalam dunia batik pasti paham sekali dalam proses pembuatan batik aroma adalah yang dihasilkan. Ternyata ada perbedaan aroma untuk dua jenis batik yang satu ini. Contohnya untuk batik biasa maka akan memiliki aroma khas karena menggunakan pewarna alami dalam proses pembuatannya.

Pewarna alami itu sendiri mulai dari kulit kayu teger, daun tom maupun akarnya hingga yang terakhir adalah penggunaan kayu jambal untuk batik warna cokelat. Berbeda dengan batik print yang bisa dibilang tidak akan menghasilkan aroma khas apapun. Hal tersebut disebabkan karena batik print ini proses pembuatannya sudah menggunakan alat mesin yang cnggih.

3. Ukuran Kain
Pada jasa print kain pastinya ukuran kain adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Nyatanya hal tersebut juga bisa dijadikan perbedaan antara batik biasa dengan batik print. Soalnya untuk batik biasa biasanya memiliki ukuran kain yang tergolong lebih besar apabila dibandingkan dengan batik print.

4. Harga
Harga ternyata juga menjadi letak perbedaan antara kedua jenis batik ini. Seperti yang diketahui bahwa batik tulis memiliki harga yang lebih mahal ketimbang harga batik print. Alasan utamanya tentu karena batik biasa proses pembuatannya masih manual dan membutuhkan waktu lama. Beda dengan batik print yang sudah menggunakan dan lebih dipilih oleh jasa print kain.

5. Warna Kain Bagian Belakang
Perbedaan terakhir yang bakal Anda temukan dari kedua jenis batik ini adalah warna kain pada bagian belakangnya. Bagi Anda yang belum tahu, batik print memiliki warna kain belakang putih yang sedikit tembus pandang. Beda dengan batik tulis yang tidak memilikinya.

Dengan mengetahui perbedaannya pastinya akan membuat Anda mampu membedakan antara batik biasa dengan batik yang menggunakan teknik print kain. Jadi nantinya Anda bisa menjatuhkan pilihan pada yang terbaik.